Alat Keselamatan Diatas Kapal Dan Fungsinya

Bagi industri yang bergerak di perairan, mulai dari kapal barang, kapal tongkang, kapal minyak, kapal nelayan, kapan patroli, hingga kapal marinir tentunya wajib memenuhi standar keselamatan kerja untuk wilayah perairan.

Ketentuan atau persyaratan yang berhubungan dengan kondisi fisik kapal, mesin, peralatan navigasi, telekomunikasi, dokumen kapal, pengawakan, keselamatan sesuai ketentuan yang berlaku sehingga kapal memenuhi syarat untuk berlayar.

Perlengkapan keselamatan air terdiri dari berbagai jenis, dimulai dari rompi keselamatan , cincin apung , throw bag, perahu karet , alat pembantu pernafasan, dan sebagainya.

Rompi keselamatan secara umum bentuknya terlihat sama seperti rompi berenang yang umumnya digunakan masyarakat umum, hanya saja fungsi utamanya yang berbeda. Rompi keselamatan bertujuan untuk memaksimalkan daya apung apabila dikenakan , yang secara signifikan dapat mengurangi resiko tenggelam. Selain itu, rompi keselamatan juga memiliki lampu yang berkedip untuk memudahkan identifikasi lokasi ketika terjadi kecelakaan di air.

Nakhoda juga wajib memastikan kondisi permesinan, kemudi dan peralatan navigasi kapal berfungsi dengan baik, begitu juga dengan kelengkapan alat keselamatan kapal. Untuk pelampung keselamatan biasanya berwarna oranye, yang bertujuan untuk memaksimalkan warna agar mencolok sehingga memudahkan diidentifikasi untuk tindakan penyelamatan. Karena tekanan air yang tidak dapat diprediksi, peralatan keselamatan diproduksi menggunakan bahan-bahan yang tahan bocor serta tidak licin, pada umumnya berbahan karet kualitas tinggi.

Di antara berbagai bantuan untuk navigasi yang dilakukan di kapal, voyage plan adalah alat bagi perwira dek untuk memastikan keselamatan kapal dari perspektif komersial dan hukum. Nah kalau di kapal, alat piroteknik digunakan untuk alat keselamatan kapal.

Oleh karena itu,peralatan keselamatan air tetap wajib dipenuhi sebagai standar K3 untuk pekerjaan di dekat air maupun diatas air. Sangat Multak harus ada di atas kapal, karena merupakan jaminan keselamatan bagi kapal untuk tiba ditempat tujuan dengan selamat memperkecil kemungkinan bahaya di laut syarat layak laut.

Bagi seorang pekerja dan perusahaan, keselamatan kerja menjadi hal utama. Life jacket atau jaket pelampung adalah salah satu alat keselamatan kapal yang sangat penting. Jangkar kapal laut digunakan untuk menambatkan kapal. Fungsinya supaya kapal tidak bergerak ke mana-mana. Walau badai menghadang, atau angin kencang berhembus, dengan adanya jangkar, diharapkan kapal akan tetap pada posisinya. Begitu pula winch jangkar yang ada di kapal. Bedanya winch atau alat penarik jangkar di kapal itu menarik rantai jangkar untuk menaikkan dan menurunkan jangkar. Winch di kapal itu adalah salah satu aksesoris jangkar, yaitu alat penarik jangkar.

Jika Anda tertarik untuk membeli Alat keselamatan kapal dengan harga murah, Mohon hubungi velascoindonesia.com

About Irawati

Check Also

Memilih Pvc Waterstop distributor pasti jaya

Pemilihan Pvc WATERSTOP benar dimulai dengan menentukan apakah sambungan bergerak atau tidak bergerak. setelah tertanam …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *